Cryonic, Mayat Dibekukan Agar Bisa Dibangkitkan Lagi

Cryonic merupakan teknik pembekuan mayat agar selnya tidak rusak, sehingga bisa dibangkitkan lagi suatu saat nanti. Penemunya adalah Robert Ettinger, yang baru-baru ini meninggal dunia dan menjadi pasien ke-106 yang memanfaatkan teknologi ini.

http://www.immortalhumans.com/wp-content/uploads/Cryonic_Head_small.jpg
Ilustrasi

Jenazah Robert yang meninggal di usia 92 tahun pada Sabtu (23/7/2011) langsung diproses beberapa menit setelah dinyatakan meninggal, dengan diberi lapisan es. Selanjutnya, jaringan tubuhnya diisi dengan senyawa tertentu lalu dibekukan dengan nitrogen cair.

Setelah itu, jenazah Robert dimasukkan dalam peti khusus yang dinamakan cryostat untuk menjaganya agar tetap berada di bawah titik beku. Pada kondisi demikian, diharapkan sel-selnya tidak rusak sehingga jika teknologinya sudah memungkinkan mayatnya bisa dibangkitkan lagi.

http://www.boingboing.net/images/pic-03-plattblog_alcor.jpg

Robert Ettinger adalah ilmuwan Amerika yang juga seorang veteran Perang Dunia II menemukan teknologi pembekuan mayat ini. Pada tahun 1976, ia mendirikan yayasan bernama Cronic Instistute. Dari yang semula anggotanya bisa dihitung dengan jari, pada tahun 2000 sudah mencapai 900 orang.

Tidak semua anggota ingin mengawetkan mayatnya sendiri jika kelak meninggal dunia, sebagian hanya ingin mengawetkan DNA (deoxyribo nucleic acid) atau organ tertentu. Bahkan ada yang hanya ingin mengawetkan binatang peliharaannya, terutama anjing dan kucing.

Hingga kini, Cryonic Instutite tercatat sudah membekukan 64 mayat binatang peliharaan termasuk anjing, kucing, burung dan hamster. Sementara untuk jenazah manusia, Robert Ettinger merupakan pasien ke-106 yang dibekukan dengan teknik temuannya tersebut.

http://www.nurulquran.com/noor/Presentations/cryonic/cryonics_2.jpg

Jenazah pertama yang dibekukan dengan teknik ini adalah Ibu kandung Robert Ettinger, Rhea Ettinger yang meninggal tahun 1977. Jenazah kedua adalah istrinya sendiri Elaine, sedangkan istri keduanya yakni Mae Ettinger menjadi pasien ke-34 yang mayatnya dibekukan dengan cryonic.

Selain Cryonic Institute, ilmuwan yang tinggal di Detroit ini juga mendirikan Immortalist Society yakni sebuah organisasi untuk para ilmuwan yang mendalami cryonic dan teknik lain untuk memanjangkan umur setelah kematian.

Robert sendiri sebelum meninggal telah berpesan agar tidak ada upacara pemakaman untuk dirinya karena yakin suatu saat nanti akan hidup lagi.

"Robert sangat menginspirasi gerakan cryonic. Ribuan orang di seluruh dunia mencarinya dan pasti sedih mendengar kematiannya, tapi semoga suatu saat nanti dia akan kembali lagi," ungkap David, anak Robert seperti dikutip dari Detnews.

http://assets.nydailynews.com/img/2011/07/26/alg_robert_ettinger.jpg
Robert Ettinger

Teknik cryonic adalah dengan cara sirkulasi darah dan pernapasan secara artifisial yang dikembalikan dan serangkaian obat yang diberikan untuk melindungi otak dari kekurangan oksigen.

Pendinginan cepat juga dimulai, yang selanjutnya melindungi otak. Tujuannya adalah untuk mempertahankan otak tetap hidup selama mungkin dalam prosedur.

Sumber :
detikhealth.com

Comments

  1. manusia yang tidak mau menerima kodrat Tuhan.

    ReplyDelete
  2. Andifauzanfauzan27 Jul 2011, 13:43:00

    wahwhawah

    ReplyDelete
  3. Meninggal dan diawetkan dengan harapan bisa hidup kembali setelah ada teknologinya? Hampir mustahil sih ~~

    ReplyDelete
  4. jadi zombie tuh...
    :D

    ReplyDelete
  5. hanya orang gila yang mau mayatnya jadi bahan percobaan kaya gitu

    ReplyDelete
  6. Jangan bilang yg ini mustahil, kita sebagai manusia tidak ada yg tahu. Dulu waktu manusia ingin membuat pesawat terbang, manusia lain bilang mustahil tapi kenyataannya sekarang kita bisa terbang dengan pesawat

    ReplyDelete
  7. GILA AJ....

    MELAWAN HUKUM TUHAN.

    ReplyDelete
  8. klo berhasil, manusia jadi tambah banyak donk!!! lah yg mati idup lage!!! zzzz ad2 aj, hidup ini!!!

    ReplyDelete
  9. MurasakiVanIris27 Jul 2011, 16:29:00

    wah...wah....itu mah namany melawan hukum alam...

    ReplyDelete
  10. trus klo hidup keluarnya gmana? klo gak ad yang bantuin?????????????? aneh"

    ReplyDelete
  11. cryonic institute ada website ato nomor yang bs d hubunginya ga ya?? mau terus ikutin perkembangan jaman nih.

    ReplyDelete
  12. tidak mengurangi kepadatan penduduk dong?

    ReplyDelete
  13. Aneh banget jadi manusia tak akan pernah mati donk...>>>>  Tambah gile nie zaman sekarang

    ReplyDelete
  14. klo yg udah tua ngapain d idupin lagi mang bisa apa??? lagian masa dah jd mayat, bisa di hidupkan lagi... arwahnya aja dah tau k mana

    ReplyDelete
  15. Bahkan SANGAT mustahil...

    Dipikirin terus sampai matahari terbit dari barat pun, tidak akan mungkin ada teknologi yg bisa membawa ruh orang yg sudah mati dari alam kubur kembali ke alam dunia, sebagaimana tidak mungkinnya kita masuk kembali ke dalam rahim ibu kita....Wallahu a'lam.

    ReplyDelete
  16. Pemikiran orang GILA!! Meskipun jasadnya tetap awet sampai ribuan atau bahkan jutaan tahun, tapi selama ruh nya tidak bisa kembali ke dunia maka tetap saja dia akan M.A.T.I....

    Dan mau dipikirin terus sampai matahari terbit dari barat pun, tidak akan mungkin makhluk yg sombong dan lemah seperti manusia akan mampu menciptakan sebuah teknologi yg bisa membawa ruh orang yg sudah mati dari alam kubur kembali ke alam dunia, sebagaimana tidak mungkinnya kita masuk kembali ke dalam rahim ibu kita...

    Okelah (saya sih tetap berpendapat tidak mungkin) tapi ANGGAP saja ditemukan teknologi seperti itu, maka akan muncul pertanyaan baru: "Bagaimana caranya membujuk para malaikat supaya dia mengizinkan kita tuk membawa ruh orang mati tsb kembali ke alam dunia??" Padahal malaikat ini taatnya HANYA kepada Allah Ta'ala...

    Berani tarung sama malaikat??

    Jadi kesimpulannya tetap saja: TIDAK MUNGKIN...
    Wallahu a'lam bish-shawab...^__^

    ReplyDelete
  17. RosellinoWhiteBlaze28 Jul 2011, 10:14:00

    perbuatan sia-sia n buang2 uang!!kryonik itu mahal,pengawetan sih mungkin,tp pembangkitan??diawetkan n dtaruh di lemari es buat apa??kan mending diawetkan n ditaruh di tempat kaca biar bisa skalian bisa diliat2.

    ReplyDelete
  18. itu bwt orang islam bang, tapi tdk smua orang tuh beragama.

    ReplyDelete
  19. mungkin2 aja, tapi klo pun bisa, blom tentu ada yg mau ngidupin tuh orang kan

    ReplyDelete
  20. Buang-buang dana aja.., buat penelitian kok yg aneh..pasti akibat kelebihan pintar tu ampe mau lawan hukum alam..

    --------------------------------
    Robert Ettinger merupakan pasien ke-106 yang dibekukan dengan teknik temuannya tersebut. klw emang bisa menghudipkan orang mati kenapa mayat yg pertama kali di bekuin ga di hidupin lagi padahal penelitiannya udah dari tahun 1976..?

    ReplyDelete
  21. ada kehidupan pasti ada kematian...
    anggapan tuh orang mah, ada kehidupan tp g ad kematian... wkwkwk

    ReplyDelete
  22. ya namanya juga manusia, kalo bisa ya hidupnya lama, iya nggak?? gue sih nggak mau munafik ya, gue mau dong bisa hidup lama, tapi ya caranya nggak gini juga..

    ReplyDelete
  23. Lebih tepatnya tiak semua orang beragama islam.

    ReplyDelete
  24.  Ngayal aja ilmuan mana bisa membangkitkan orang mati.Manusia yg bia membangkitkan org mati hanya nabi Isa AS itupun dengan izin allah.Teknologi tidak akan pernah menyaingi mukzizat,jadi mari tunggu kelahiran kita yg sebenarnya di Akhirat.

    ReplyDelete
  25. Lokki Armagedon29 Jul 2011, 18:10:00

    jangan menghina mimpi orang lain gan, kan dia berjuang keras untuk bisa bikin tempat penyimpanan itu

    ReplyDelete
  26. NGGA MUNGKIN... X_X

    ReplyDelete
  27. ilmuwan yg aneh...?????

    ReplyDelete
  28. hanya orang bodoh yang mau digituiin, mana mungkin orng yang uda mati idup lagi -..-"

    ReplyDelete
  29. daripada menilik dari segi keimanan yang emang udah ga terbantahkan n kadang bikin kita ngrasa paling bener, ga da salahnya menggali dri segi ilmu pengetahuan, toh ilmu pngtahuan jg ga dlarang sm agama...gw sh cma pngen tau aja dfinisi kmatian scra ilmiah bwt tu propesor, ape nyawa lo tetep ad di badan wktu lo ud mati?kaya batre di maenan bocah yang tnggal di ceklekin saklar ON/OFFnye?klo ga, yg bisa bikin lo idup apa'n dong?bukn cma jasmani aja kan?cara ngbalikin tu nyawa gimana n d'mana jg prop???ap ga mungkin jg klo jasad ol yg ud kga ad nyawanya di isi ame kuntilanak?(ky klo ksurupan gtu/indonesia bgt...) setan bisa jd manusia jg dong hahah

    ReplyDelete
  30. di ibaratkan tuch teknologi bisa ngasih nyawa lagi ke mahluk yang uda mati donk ! ! ! !...sangat mustahil klo ada yang seperti itu... dah kaya tuhan ajj tuch teknologi...

    ReplyDelete
  31. Ckckckck,, Bener2 dAh meLAwan kEhenDak Tuhan,,,
    kLo Tuhan Berkenen kiTa maTi, ga boLeh ngLawan! dosa,,,

    ReplyDelete
  32. Ini bukan melawan hukum Tuhan atau hukum alam,tapi mencoba menjadi Tuhan!!!ilmu tanpa didasari agama,semua akan sia-sia...

    ReplyDelete
  33. belum orang yang menggunakan teknologi tersebut dan hidup lalu di wawancarai

    ReplyDelete
  34. hmm,,bukan gak mgkin jg sih...contoh manusia prasejarah dulu gak pernah kepikiran bisa komunikasi sama manusia lain yang jarak'y jauh bgt dr tmpt dy berada,,toh skrg udh d temuin teknologi telpon/handphone...mgkin aja d taun 2050 nanti teknologi pembangkit raga ini bisa direalisasikan...CUMAN mgkin cuma jasad'y aja yg bisa gerak...tanpa ada'y perasaan atau akal,,ya semacam mayat hidup gt lah...

    ReplyDelete
  35. orang yg mti....ya mti mw di bekukn jasadnya tpi g bkal hidup lagi 

    ReplyDelete
  36. sah - sah saja semua idenya,kt hrs "menghargai metodenya" bukan untuk memperpanjang umur,tapi bisa diterapakan untuk memungkinkan  explorasi manusia ke luar angkasa nantinya,...( mungkin seperti film fiksi ilmiah) kalau kita berfikir NEGATIF terus KAPAN MAJUNYA,  "DUNIA INI BISA MAJU peradabannya KARENA ADA ORANG YG BISA BERFIKIR LEBIH  dari orang biasa.     

    ReplyDelete
  37. mungkin aja bisa nantinya...
    tapi ruh nya gak mungkin bisa kembali ke raganya...
    jadi yang akan masuk nantinya tuh pasti ruh penasaran kayak kuntilanak..genderuwo...setan .. jin ifrit
    hiiiiiiiiiiiiii.........

    ReplyDelete
  38. masih inget ama sodara"nya gk yah...!!!
     

    ReplyDelete
  39. Paham ateisme itu tidak ada. Pembuktian tentang adanya tuhan telah dilakukan Einstein kepaad dosennya sewaktu einstein menjadi mahasiswa/masih sekolah. Kesimpulannya Tuhan itu ada dan telah terbukti.
    Seandainya tuhan itu ada maka segala ketentuannya pun ada dan pasti berlaku. Hanya saja memang konsep ketuhanan pada masing2 agama itu berbeda.

    Yang perlu pembaca tau, Tuhan didefinisikan sebagai Zat yang menciptakan kita semua dan alam semesta lengkap dengan seisinya(termasuk ruh). Sebagai mahluk ciptaan tuhan, pengetahuan kita terbatas. Sekalipun tau caranya membekukan mayat. Tetap Tuhanlah sumber dari segala sumber ilmu.

    Ruh adalah sesuatu yeng tidak bisa didefinisikan materi dan asal muasalnya. Kita hanya tau bahwa ruh itu ada. Buktinya ada mahluk hidup.

    Jadi, walopun manusia sudah menemukan teknologi pengawetan mayat, bahkan membuat jasad manusia buatan. Tak mungkin akan bisa hidup tanpa ruh.

    Kesimpulannya: Jika manusia ingin membangkitkan lagi mahluk hidup, itu tak mungkin tanpa meneliti zat yang namaya ruh! Tentu saja hanya Tuhan yang tau ilmunya. Sementara kita sebagai manusia tak kan pernah melebihi kekuatan tuhan.

    ReplyDelete
  40. kan kaga semua bisa menggunakan teknologi ini gan. karena biayanya mahal

    ReplyDelete
  41. eeee, koq q ketinggalan berita yg ini seh!!

    ReplyDelete
  42. agak melawan hukum alam, tapi agak kurang masuk akal... :? jd bingung sendiri nih... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  43. Usaha ini patut di hargai, walaupun kedengarannya hampi tidak mungkin.
    Inilah perkembangan tekhnologi, dan apabila kelak bisa kembali hidup, itu tetap atas izin dari yang Maha Kuasa,

    ReplyDelete
  44. hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.............

    ReplyDelete
  45. bukan gila....dah nak mati orang tu..melilu..

    ReplyDelete
  46. Haris_kerendanpaten13 Sept 2011, 21:43:00

    buat sesuka hatimu, tapi ingat bahwa kamu akan mati.......

    ReplyDelete
  47. eedaaaaaaannnnnnnnnnn...
    ko' ngalawan kekuasaan e allah...utek e erooor..

    ReplyDelete
  48. anda2 saja.jasadnya yg awet,tp nyawanya mo beli kmn?

    ReplyDelete
  49. kayak aang\avatar aja pake dibekukan segala
    wkwkwk

    ReplyDelete
  50.  I think its really impossible !
    nyawa kan ga bsa balik lgi,

    ReplyDelete
  51. Nailatul mila zahwa20 Sept 2011, 15:19:00

    masa sih.......kan arwah nya udah di ambil sama malaikat.....di bekukan kok jadi hdup lagi??...aku gk  percaya????...

    orang mati itu kan ada di tangan allah.dan oleh malaikat orang itu di cabut nyawanya...karena umurnya..sudah tidak panjang lagi.

    ReplyDelete
  52. mereka hanya orang2 yg tdk mengerti agama.

    ReplyDelete
  53. alahualam....! tp menurut sy,tdk mgkn..andakan mgkn bumi ini tak akan mampu menopang manusia yg bejibun bykx utk kembali hidup lg..yg ada mereka akan menjadi ZOMBI..apa pencernaannya mampu,sdgkan binatang aja qt bekukan bsok yg ada jd bangkai..so,imposible

    ReplyDelete
  54. ckckckckckckck....
    punya tuhan ga siii?

    ReplyDelete
  55. sejak kapan Einstein punya Tuhan???
    zzzzz.....menjelang kematian nyaa...Einstein tetap pada Atheis nya...

    dan melepas Yahudinya...
    ckckc

    ReplyDelete
  56. tu org klo diidupin jdi cyborg kli......

    ReplyDelete
  57. mank nyawa`a jual dmna? pesing koneng?

    ReplyDelete
  58. heheh disini ngomongin tentang agama semua :D

    ReplyDelete
  59. sangat mustahil...

    yg menentukan hidup dan mati itu hnya Allah S.W.T bukan ilmuwan yg gila ini...

    bner gg gan.?

    ReplyDelete
  60. Fajarvikri269221 Dec 2011, 20:31:00

    lebih baik 1 orang muda yang hidup untuk menentukan arah pandang nya di bandingkan 10 orang tua yang hanya menunggu kedatangan nya..
    maksudnya ngapain juga udah tua di awetin di idupin lagi. pertanyaan nya roh nya dari mana???. apakah roh dapat di beli???. atau dapat membagi roh???.
    manusia semakin pinter semakin gag punya pikiran menurut gua. atau mungkin tuh orang pengen ngoleksi mayat kali ya saking gag punya temen nya..
    bikin emosi ih nih artikel....

    ReplyDelete
  61. Ipodnya bagus, hehe

    ReplyDelete
  62. CALON TUHANNYA ATHEIS24 Dec 2011, 11:01:00

    Jenazah pertama yang dibekukan dengan teknik ini adalah Ibu kandung Robert Ettinger, Rhea Ettinger yang meninggal tahun 1977.
    lah...ini jenazah pertama dari tahun 1977 belon idup juga ampe sekarang,begene neh kalo cuma mengandalkan LOGIKA doang,mikir panjang tapi ga pernah nyampe,bhbhbhbhbhbhbhbh...muncrat dah...

    ReplyDelete
  63. yah tidak boleh begitu donk..tiap2 orang kan ada pendapatnya..buat mereka tidak ada yang namanya ruh, roh, jiwa, ato sebagainya...

    sah2 saja orang berpendapat..

    sisi positifnya..mereka bisa tuch buat teknologi gitu..lu orang bisa?

    ReplyDelete
  64. buang dana? duit juga bukan duit lu...

    namanya teknologi, ilmu, penelitian, semua butuh waktu..

    indonesia sudah merdeka dari tahun 1945, napa sekarang masi saja tertinggal dari singapura yang lebih lambat merdeka ? karena pemikirannya kyk lu nich bro..

    ReplyDelete
  65. dulu orang berpikir bagaimana bisa terbang, pesawat tercipta..bahkan lebih jauh..orang sudah bisa kluar angkasa...

    semua itu ngak pakai LOGIKA apa bisa ?

    lu orang bisa baca blog and ngepost ini, internet, komputer, laptop...karena mujizat ? berdoa trus tiba2 muncul ?

    semua ini karena LOGIKA..

    ReplyDelete
  66. .cuma dadzal yang bisa bangkitin orang mati,,,,,,,     berarti dia mungkin mnunggu untuk di bgnkitkan oleh dadzal.... smbil berendem di es..  hhahahha

    ReplyDelete
  67. udah gimana dia aja dah toh yang ngerasain dia juga
    kalo berhasil ya syukur kalo engga ya mo gimana lagi...
    yang penting usaha aja ga da salahnya
    soal maya pertama yang di awetkan ibunya sendiri mungkin karena saking sayang nya dia sama ibunya...

    ReplyDelete
  68. gw juga pernah berfikir kek gitu ( ngebekuin manusia nanti di cairin lagi ) terinspirasi dari film scooby doo yg episode manusia goa wkwkkwkw..

    ReplyDelete
  69. pake minyak tanah kle..
    :D
    klo udah mati ya mati aj. ksian..pst t'siksa bgt dy dsn.

    ReplyDelete
  70. wew cool banget tuh (dingin bukan keren bro)
    wkwkwk.....

    ReplyDelete
  71. Fahadbamajburfahad8 Mar 2012, 21:40:00

     mustahil banget

    ReplyDelete
  72. Restu Veryan Wijaya13 Mar 2012, 19:33:00

    kalau mati ya mati ajaaaaa.......

    ReplyDelete
  73. Gampang,.
    nyuruh orochimaru pake Jutsu edo tensei'y aja.

    ReplyDelete

Post a Comment