Zhang Da, Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri China

Seorang anak di China pada 27 Januari 2006 mendapat penghargaan tinggi dari pemerintahnya karena dinyatakan telah melakukan “Perbuatan Luar Biasa”. Diantara 9 orang peraih penghargaan itu, ia merupakan satu-satunya anak kecil yang terpilih dari 1,4 milyar penduduk China.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjGwXCX_XRxnKmBGKhh3jE7yifIAI9QOveYQiTh-8ZRJNpH0sGCUlDU1Z3e5dA3KmN49zba99epq7Uslr-DG98Av529aOsuBswPk9Lc9gGka51Js7qiKVUf_E5QSogRuaz5RkY_Y8jabU/s1600/chinese+boy.jpg

Yang membuatnya dianggap luar biasa ternyata adalah perhatian dan pengabdian pada ayahnya, senantiasa kerja keras dan pantang menyerah, serta perilaku dan ucapannya yang menimbulkan rasa simpati.

Sejak ia berusia 10 tahun (tahun 2001) anak ini ditinggal pergi oleh ibunya yang sudah tidak tahan lagi hidup bersama suaminya yang sakit keras dan miskin. Dan sejak hari itu Zhang Da hidup dengan seorang Papa yang tidak bisa bekerja, tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan.

Kondisi ini memaksa seorang bocah ingusan yang waktu itu belum genap 10 tahun untuk mengambil tanggungjawab yang sangat berat. Ia harus sekolah, ia harus mencari makan untuk Papanya dan juga dirinya sendiri, ia juga harus memikirkan obat-obat yang yang pasti tidak murah untuk dia. Dalam kondisi yang seperti inilah kisah luar biasa Zhang Da dimulai.

Ia masih terlalu kecil untuk menjalankan tanggung jawab yang susah dan pahit ini. Ia adalah salah satu dari sekian banyak anak yang harus menerima kenyataan hidup yang pahit di dunia ini. Tetapi yang membuat Zhang Da berbeda adalah bahwa ia tidak menyerah.

Hidup harus terus berjalan, tapi tidak dengan melakukan kejahatan, melainkan memikul tanggungjawab untuk meneruskan kehidupannya dan Papanya. Demikian ungkapan Zhang Da ketika menghadapi utusan pemerintah yang ingin tahu apa yang dikerjakannya.

Ia mulai lembaran baru dalam hidupnya dengan terus bersekolah. Dari rumah sampai sekolah harus berjalan kaki melewati hutan kecil. Dalam perjalanan dari dan ke sekolah itulah, Ia mulai makan daun, biji-bijian dan buah-buahan yang ia temui.


Kadang juga ia menemukan sejenis jamur, atau rumput dan ia coba memakannya. Dari mencoba-coba makan itu semua, ia tahu mana yang masih bisa ditolerir oleh lidahnya dan mana yang tidak bisa ia makan.

Setelah jam pulang sekolah di siang hari dan juga sore hari, ia bergabung dengan beberapa tukang batu untuk membelah batu-batu besar dan memperoleh upah dari pekerjaan itu. Hasil kerja sebagai tukang batu ia gunakan untuk membeli beras dan obat-obatan untuk papanya.

Hidup seperti ini ia jalani selama 5 tahun tetapi badannya tetap sehat, segar dan kuat. Zhang Da merawat Papanya yang sakit sejak umur 10 tahun, ia mulai tanggungjawab untuk merawat papanya.

Ia menggendong papanya ke WC, ia menyeka dan sekali-sekali memandikan papanya, ia membeli beras dan membuat bubur, dan segala urusan papanya, semua dia kerjakan dengan rasa tanggungjawab dan kasih. Semua pekerjaan ini menjadi tanggungjawabnya sehari-hari.

Zhang Da menyuntik sendiri papanya. Obat yang mahal dan jauhnya tempat berobat membuat Zhang Da berpikir untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi semua ini. Sejak umur sepuluh tahun ia mulai belajar tentang obat-obatan melalui sebuah buku bekas yang ia beli.

Yang membuatnya luar biasa adalah ia belajar bagaimana seorang suster memberikan injeksi / suntikan kepada pasiennya. Setelah ia rasa mampu, ia nekat untuk menyuntik papanya sendiri. Sekarang pekerjaan menyuntik papanya sudah dilakukannya selama lebih kurang lima tahun, maka Zhang Da sudah terampil dan ahli menyuntik.

Ketika mata pejabat, pengusaha, para artis dan orang terkenal yang hadir dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut sedang tertuju kepada Zhang Da, pembawa acara (MC) bertanya kepadanya,
"Zhang Da, sebut saja kamu mau apa, sekolah di mana, dan apa yang kamu rindukan untuk terjadi dalam hidupmu? Berapa uang yang kamu butuhkan sampai kamu selesai kuliah?

Besar nanti mau kuliah di mana, sebut saja. Pokoknya apa yang kamu idam-idamkan sebut saja, di sini ada banyak pejabat, pengusaha, dan orang terkenal yang hadir.

Saat ini juga ada ratusan juta orang yang sedang melihat kamu melalui layar televisi, mereka bisa membantumu!"

Zhang Da pun terdiam dan tidak menjawab apa-apa. MC pun berkata lagi kepadanya, "Sebut saja, mereka bisa membantumu."

Beberapa menit Zhang Da masih diam, lalu dengan suara bergetar ia pun menjawab,
"Aku mau mama kembali. Mama kembalilah ke rumah, aku bisa membantu papa, aku bisa cari makan sendiri, Mama kembalilah!"

Semua yang hadir pun spontan menitikkan air mata karena terharu. Tidak ada yang menyangka akan apa yang keluar dari bibirnya. Mengapa ia tidak minta kemudahan untuk pengobatan papanya, mengapa ia tidak minta deposito yang cukup untuk meringankan hidupnya dan sedikit bekal untuk masa depannya?

Mengapa ia tidak minta rumah kecil yang dekat dengan rumah sakit? Mengapa ia tidak minta sebuah kartu kemudahan dari pemerintah agar ketika ia membutuhkan, pasti semua akan membantunya.

Mungkin apa yang dimintanya, itulah yang paling utama bagi dirinya. Aku mau Mama kembali, sebuah ungkapan yang mungkin sudah dipendamnya sejak saat melihat mamanya pergi meninggalkan dia dan papanya.


Kisah di atas bukan saja mengharukan namun juga menimbulkan kekaguman. Seorang anak berusia 10 tahun dapat menjalankan tanggung jawab yang berat selama 5 tahun. Kesulitan hidup telah menempa anak tersebut menjadi sosok anak yang tangguh dan pantang menyerah.

Zhang Da boleh dibilang langka karena sangat berbeda dengan anak-anak modern. Saat ini banyak anak yang segala sesuatunya selalu dimudahkan oleh orang tuanya. Karena alasan sayang, orang tua selalu membantu anaknya, meskipun sang anak sudah mampu melakukannya.

Sumber :
jujunjunaedi.multiply.com

Comments

  1. teladan buat kita..

    anak anak di sini malah disuruh ngemis kalo nggak punya uang

    padahal di cina hidup persaingannya lebih ketat

    ReplyDelete
  2. wah salut ane gan
    kecil-kecil sudah terlalu mandiri

    ReplyDelete
  3. Yudha d'Liverpudlian10 Jun 2011, 15:36:00

    Benar2 terharu membaca artikel ini.. :'(

    ReplyDelete
  4. kisah yg luar biasa yg d alami seorang anak berumur 10thn....

    ReplyDelete
  5. subhanallah dah anak ni tak beri jempol 1.00000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000

    ReplyDelete
  6. hiks hiks.....
    anak yg di ciptakan untuk selalu bersabar..... :D

    ReplyDelete
  7. andai aku ada di samping anak itu..pasti aku akan membantunya..anak kecil yang suda berpikir dewasa..dia tinggalkan waktu mainan nya untuk merawat ayahnya untuk mencari nafkah dan pergi bersekolah..hua.. :(
    sedih sendiri aku baca artikel ini..

    ReplyDelete
  8. Hiks Hiks... Salut buat 'Zhang Da' #4thumb...

    ReplyDelete
  9. Tuhan akan selalu bersama mu nak.
    be stronger dan buat ibu mu menyesal telah meninggalkan mu
    dan semoga ibu mu sadar akan kesalahan dia kepada mu dan ayah mu
    semoga kau dan semua orang2 yang kau sayangi bahagia

    ReplyDelete
  10. teladan cinta kasih yg tulus dan ikhlas dari seorang anak kecil, bahwa orang"terkasih itulah yg utama dalam hidup ini!!! (keluarga,sahabat,teman) jauh lebih berharga dari apapun! Salute for Zhang Da!!! really inspired and owesome life story ever!!!!!!!

    ReplyDelete
  11. hiks..hiks..hiks
    ak ikut terharrru :"-(
    .
    semoga sikapmu ittu untuk teladan bagi anak2 semua....
    .
    GOOD BLES YOU!!

    ReplyDelete
  12. seorang anak yang memiliki nilai sebagai manusia... bahkan orang dewasa yang terdidik dan terpelajar pun kalah...

    ReplyDelete
  13. 3 words for you
    "I LOVE YOU"

    ReplyDelete
  14. not a thousand words can describe..what am I going to say to this boy...

    ReplyDelete
  15.  I believe God with U child.....keep smile

    ReplyDelete
  16. aku ngerasa jadi anak paling bodoh abis baca artikel ni, aku slama ni udah terlalu banyak meminta dari ortu, mom, dad, i love u so much ;-(

    ReplyDelete
  17. keluarga lbh penting dr segalanya,bukan harta

    ReplyDelete
  18. jawabannya Zhang Da bikin gw menitikkan air mata..salluuuttt banggeetttt

    ReplyDelete
  19. mau nangis gw bacanya.,salut banget pokoknya

    ReplyDelete
  20. i'am speecless

    ReplyDelete
  21.  Lalu bagaimana dengan si ibu ? Yang katanya surga di bawah telapak kakinya ? Yang katanya kasih ibu sepanjang masa ? Untunglah si anak tidak mengikuti jejak ibunya dengan pergi begitu saja.

    DASAR IBU TIDAK TAHU DIUNTUNG. Berapa banyak ibu yang mengajarkan anaknya berbakti pada orang tua tapi tidak kesampaian tapi Ibu Zhang Da malah meninggalkan anak yang berbakti ini begitu saja ?

    SEKALI LAGI, DASAR IBU TIDAK TAHU DIUNTUNG. Zhang Da tidak membenci ibunya. Kalau anak lain, mungkin seumur hidup tidak mau lagi menemui ibunya.

    ReplyDelete
  22. nice :)
    mengharukan :D

    ReplyDelete
  23. gw gak berenti menitikkan air mata........semoga suatu hari Zhang Da menjadi seseorang yang sukses dan tetap menjadi teladan...........LOVE U ZHANG DA

    ReplyDelete
  24. I_luvchocolate12 Jun 2011, 11:34:00

    aku hampir menangis . selalu bertanya2 siriku , mengapa aku tdk bs a stgar dia ? SALUT bwat Zhang Da :)

    ReplyDelete
  25. bwt zhang da.... saluuut banget deh, bisa tabah, sabar, menerima keadaan yg begitu sulit.....
    and bwt ibunya... sadar!! anaknya yg msh kecil ditinggalin gitu aj?? jahat banget deh! 
    so, masa gw yang msh punya ortu lengkap gk bisa bantu mreka sih?? pokoknya salut deh bwt zhang da

    ReplyDelete
  26. Zhang Da, saya salat sama kamu, semoga kamu dapat menjadi contoh-contoh dari anak-anak modern, kegigihanmu, ketabhan, dan segala kelebihan yang sangat takternilai harganya. sukses ya Zhang Da..!

    ReplyDelete
  27. Harinto_wijaya12 Jun 2011, 16:28:00

    Zhang Da...'smoga tabah, teguh dan tegar...bukti bahwa "puisi" yang paling indah adalah KELUARGA..."harta" yang paling berharga adalah KELUARGA.....may GOD blessed U

    ReplyDelete
  28. Heheheh ....senang sekali membaca komentar-komentar ini ...biasanya kalau bersumber dari China langsung dianggap ".............................................................................................", tapi untuk yang ini tidak, demikianlah hidup anak-akakku, cucu-cucuku, dari manapun dan oleh siapapun jika itu kebaikan yang bersifat universal tentu akan menyentuh hati....meski dalam tumpukan kotoran ..mutiara tetap mutiara ...meski beralas permadani ... tai ya tetap tai ...

    ReplyDelete
  29. mataku jdi brkaca2 wktu bca JAWABANNYA

    ReplyDelete
  30. 180 derajat beda dengan anak2 sekarang termasuk aku. Mudah2an bisa jadi bahan renungan dan motivasi. Thanks postingnya.

    ReplyDelete
  31. bguss....
    tp kasian...

    ReplyDelete
  32. sialan gw nangis wktu ngebaca

    ReplyDelete
  33. coba anak" jaman sekarang bisa seperti Zhang Da..
    pasti bisa menjadi pemimpin muda yang baik, jujur, dan berwibawa :)

    ReplyDelete
  34. zhang Da kamu emang hebat.....

    ReplyDelete
  35. Wow... Speechless. #terharuberat sampe nangis. Zhang Da we ‎​ ♥. U

    ReplyDelete
  36. You're a great hero,God will always with you..Zhang Da I love You Boy!

    ReplyDelete
  37. great for Zhang Da . . .
    Luar biasa pengorbananMu . . .

    ReplyDelete
  38. Kalau kita berpikir hny sekilas mank ibu ny salah krn meninggalkan zhang da yg msh kcl n ayahny yg sdg skt2an. Tp cb kita berpikir lbh matang, kalau ia tdk ditgl ibuny mgkn dy tdk akan setegar n setabah itu, jadi apapun ceritany sosok seorg ibu adalah yg terbaik.

    ReplyDelete
  39. Zhang Da ... Anak yg pantang menyerah ... Ampe sedih bacanya... Zhang Da kelak kamu psti jadi org yang sukses ... Dan ibu akan bangga melihat kamu ... Ciayooo Zhang Da ...

    ReplyDelete
  40. Kalo saja anak sedunia spt dia, dunia ini dah jadi surga beneran. Sejuta jempol kuacungkan utk mu Zhang Da.

    ReplyDelete
  41. TUHAN TINGGAL DIDALAM ZHANG DA DARI SEGALA PERBUATANNYA DAN APA YG DIMINTANYA BUKAN HAL2 DUNIA TAPI KASIH YG TULUS MURNI

    ReplyDelete
  42. whendy Gharhavie17 Jun 2011, 12:50:00

    Salut dan haru biru...salam hangat

    ReplyDelete
  43. Linasari_valkyrei17 Jun 2011, 12:51:00

    zhang da anak yg luar biasa...
    coba difilmkan biar anak sekarang tau cara menghargai orang tua..

    ReplyDelete
  44. Very touching !!! .. sedih bngt bacanyaa †.†
    permintaan ingin mamanya kembali bikin terharu!
    T.T

    ReplyDelete
  45. Sungguh mengharukan n mmbuatku berlinang air mata...
    Smoga ibumu cpat sadar n segera kmbali kesisimu...

    ReplyDelete
  46. Suatu kisah ŷƍ sangat menyentuh ϑaπ inspiratif krn mengajarkan kita tdl boleh menyerah pada keadaan apapun Jůġª,,karna hdp adalah perjuangan....goodluck little boy

    ReplyDelete
  47. Pemimpin masa depan......

    ReplyDelete
  48. Dahsyatt..... Mudah2an anakku kelak bisa memiliki hati, semangat seperi Nya...

    ReplyDelete
  49. Rruaarr biasa...salut for Zhang Da. T.T
    Gw ngerasa spt anak yg bodoh stlah baca artikel ini.
    Jd lah terang n teladan bagi dunia yg skrg makin gelap.
    GOD BLESS U

    ReplyDelete
  50. liatlah,,,bagaimana Tuhan melindungi anak berbakti...

    ReplyDelete
  51. Manusia kalau terdesak baru bertindak,kalu tidak terdesak ya,ngapain harus bertindak..itu sifat amali manusia..good answer zhang you said momz come back..vary good..

    ReplyDelete
  52. Yuriconaffriyanto18 Jun 2011, 12:38:00

    betapa hebat kekuasaan allah tidak manusia yg lain berfikir dngan kejadian ni....

    ReplyDelete
  53. Salut bgt buat Zhang Da ............
    kita bisa berkaca pada kisahnya ......

    ReplyDelete
  54. Saya jadi malu baca kisah ini.. ^_^ hebat km cuy.

    ReplyDelete
  55. 这为孩子很顺啊!!! 我读这片故事,真要哭!!! You're the role model!!!

    ReplyDelete
  56. saya seorang laki" yg mempunyai seorang Istri dan 3 anak yg lucu" pintar dan sehat. Puji Tuhan bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka semua.
    Tapi setelah membaca kisah Zhang Da saya berasa KECIL dan BUKAN ORANG YG LUAR BIASA. Zhang Da is The MAN!!!

    ReplyDelete
  57. Zhang Da adalah Inspirasi Kehidupan, terimakasih Zhang Da..

    ReplyDelete
  58. Pasti semua adalah rencana Tuhan, maka Tuhan juga yang akan menyertai selalu...

    ReplyDelete
  59. merindiiiing bacanya.. AMAZING BOY yg ini CONTOH, PANUTAN, PATUT DITIRU (y)

    ReplyDelete
  60. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitattha... semoga kamu selalu berbahagia Zhang Da... kamu sungguh hebat.

    ReplyDelete
  61. Tuhan Memberkati mu dan keluarga mu, kerajaan sorga senantiasa terbuka bagi orang2 yg mempunyai kasih yg sangat besar... Seperti Bapa mengasihi anakNya..

    ReplyDelete
  62. hikz hikzz hikzz....kok jd nangis gw........

    ReplyDelete
  63. weww... Anak yg patut dicontoh...!

    ReplyDelete
  64. aku harus omg apa ya,,,hmm,,,yang penting say salut dech,,,semoga kita dapat ambil hikmahnya,,,sadhu,,

    ReplyDelete
  65. gedenya pasti tanggung jawab bget dec.

    ReplyDelete
  66. Zhang Da, You are BLESSED

    ReplyDelete
  67. Zhang Da, You are BLESSED

    ReplyDelete
  68. Salut untuk Zhang kecil

    ReplyDelete
  69. REINKARNASI DEWA WELAS ASIH TUH........

    ReplyDelete
  70. Zhang da.semoga Tuhan slalu memberkatimu dan di beri kesehatan,mdh"an ntar km jd orng plng kaya di cina.terharu bgt baca kisahmu.pasti km pernah merasakan lapar jg.untuk ibumu mdh"an ntar msk neraka jahaman,dan mdh"an ibumu nanti mati tertindas truk.dasar ibu keparat!!

    ReplyDelete
  71. Andhiena F. P.19 Jun 2011, 14:39:00

    Aku pengen kyk kamu dd kecil yg luar biasa..... hadapi cobaan itu bkn dengan tangis, tp dengan tindakan... salut bwt km dd Zhang Da

    ReplyDelete
  72. Zhang-Da yg tegar...
    Bagaimanapun Ibunya memperlakukan, dalam kemandirian hidup yg telah ia lalui fitrahnya sebagai anak masih mendambakan dan merindukan kasih Ibu.
    Bagaimana dengan bakti kita semua terhadap Ibu, Ibu, Ibu dan Ayah kita.
    Semoga kisah Zhang-Da semakin mencerdaskan kita dalam interospeksi diri :-)

    beloved by mw'h

    ReplyDelete
  73. JAMES CHAI BONG K.W.20 Jun 2011, 16:47:00

     zhang da anak yg sayang org tua dan menghormati org tua sikap yg mandiri tdk mau bergantung kpd org lain walaupun di beri kesempatan,ANAK YG PERLU DI CONTOHKAN KEPADA SEMUA ORG SY PERCAYA SETIAP ORG YG BACA PASTI TERHARU DAN MENGINTROPEKSI DIRI PRIBADI.BY JAMES CHAI BONG K.W

    ReplyDelete
  74. sangat terharu smoga zhong da dapat hidup baikk

    ReplyDelete
  75. Gan terharu...terus lihat photo yg kedua benar2 tersentuh hatiku...GBU..GBU..GBU...I love you

    ReplyDelete
  76. Aku ingin memeluk nya dan bilang: "aku sayang kamu"

    ReplyDelete
  77. Walaupun aku lebih tua..aku ingin belajar dari caranya...hope you'll be in heaven

    ReplyDelete
  78. Dia sama sekali tidak membenci ibunya...benar2 ingin menyatukan keluarga...Kita Cinta Kamu Zhang Da

    ReplyDelete
  79. Sebuah kisah yg diawali oleh sebuah sebab... Sebab utk mandiri, Sebab utk mampu dan Sebab-Sebab yg lain... Jika ingin tangguh carilah sebabnya... Sebab atau sebuah motivasi adalah hal yg pasti ada dr setiap manusia. Tergantung anda kearah mana sebuah sebab atau motivasi anda akan arahkan...

    ReplyDelete
  80. Arif Haliman:
    Membaca kisah HEBAT ini sungguh mengharukan...... Zhang Da benar2 anak luar biasa. Aku dan istriku membaca bersama dan sama2 mata menjadi basah karena haru dan kagum kpd anak yang langka itu. Pujian2 kami baca bersama..... semua memujimu sebagai anak ajaib... dan memang nuraniku juga bersaksi engkau HEBAT... Namun kalau perjalanan hidupmu hanya berlalu dengan komentar2.. tak akan MENGUBAH DUNIA... mari para pemegang tongkat pendidikan, pemerintahan, tokoh moral bangsa atau apapun seperti Kick Andy.... kiranya bisa mengambil contoh Zhang Da menjadi NILAI LUHUR [core values] yg perlu dikisahkan dalam membentuk KARAKTER bangsa. Disini, ditempat kita semua, NILAI SUDAH DIABAIKAN, yg penting UANG, KAYA, ..... MENCURIPUN HALAL.... Pakailah kisah ini sebagai "hikayat" yg diceritakan dalam keseharian... biarlah generasi mendatang SEMBUH dari PENYAKIT ZAMAN EDAN sekarang ini. Kalau tak ada upaya, tak berani berusaha..... atau MEMBIARKAN kebaikkan berlalu begitu saja..... kita semua PENGHIANAT dari ajaran2 agama yg kita anut...... dan penghianat dari cita2 kemerdekaan kita semua. Sinetron2.... sadarlah... ajarlah masyarakat kita dg kebaikkan, bukan dg keculasan, kelicikkan, kebencian, penipuan, balas dendam, penyelewengan dan keserongan..... Para guru2... beranilah berkisah sering2 kepada murid2mu tentang hikayat2 yg mengandung nilai luhur, para pejabat, jadilah contoh pelaku nilai2 kejujuran, para pemuka jadilah image tokoh yang patut ditiru..... Lihat Zhang Da, meski darimanapun asal dia, dia ANAK TUHAN SANG PENCIPTA, kita semua harus rendah hati dihadapan perbuatan anak BERIMAN itu, kita doakan, jadilah dia contoh dunia dalam HIDUP BERADAB,... dan PATUT DITIRU..... Zhang Dan, you're now only a GREAT young boy, but you're REALLY a GREAT FUTURE and a HOPE for this poor world..... Let's pray for him, may our ALMIGHTY be with him..... Amen.

    ReplyDelete
  81. Jawaban yg benar2 di luar dugaan banyak orang!!!
    Sedih bacax...

    ReplyDelete
  82. You must be a descendant from heaven, whom sent to teach us HOW SHOULD WE LIVE...

    ReplyDelete
  83. Can't give anything for u, just pray for u. May God give health, wealth, and always be thankful of God's gifts.

    ReplyDelete
  84. Nice story,,,, zhang Da is de best, patut di contoh!!!

    ReplyDelete
  85. Zhang Da, you are an angel! Love u love u..

    ReplyDelete
  86. nathanael ricky21 Jun 2011, 21:10:00

    Menangis membaca kisah hidupnya,tercengang melihat kegigihannya,kagum dgn kepintarannya.Hanya bisa berdoa semoga setiap usia yg menapaki Zhang Da,dy akan menjadi seorang yg makin baik lahir dan batin.Semoga berkat Tuhan sejak sekarang mengalir deras bagai sungai Huang Ho dalam hidup Zhang Da

    ReplyDelete
  87. Harta terbesar adalah kebahaagiaaan, guru paling hebat adalah pengalaman ,harta paaling mahal adalah kesehatan....bersyukurlah dengan apa yg sudah kita miliki....bukan apa yg akan kita miliki nanti...

    ReplyDelete
  88. Allah bersamamu nak..

    ReplyDelete
  89. He is not human.

    ReplyDelete
  90. Allah akan slalu melindungimu zhang da,kelak kamu pasti プάϑΐ anak ƔάϞƍ sukses n mapan tuk menjalani kehidupan ini.karna ∂ï balik kesengsaraann pasti ada hikmanya

    ReplyDelete
  91. komentar dari emak saya:
     sampai sekarang masih shock and terbengong2 memikirkan nya..
    dan tak putus2 mengucap kan MASYAALLOH, SUBHANALLOH,,,,
    ^_^ ...

    ReplyDelete
  92. gila kalah w ama anak kecil salut w..ni motivasi bwat w untukk berubah..amin
     

    ReplyDelete
  93. "Aku mau mama kembali. Mama kembalilah ke rumah, aku bisa membantu papa, aku bisa cari makan sendiri, Mama kembalilah!"#mengharukan.. :'(

    ReplyDelete
  94. Sy punya mamah yg sakit, memang tdk separah ayahnya Zhang, tp dulu wktu kecil sy dgn sabar mnggantikan sdikit peran mamah dlm mngurus rumah,....tahun2 brjln ,....smpailah sy dewasa, rupanya sy sdh byk perubahan, mamahku pun jauhhhhhh lbh sakit dan sy .....sy...sya....saya...makin kuranggggg brsabar dibandingkan wktu msh kecil dulu, tp sejak hari ini sy JANJI maaa...sy mau brubah, sy mau blajar, sy yg dewasa ini mau blajar dr Zhang, mnyayangi mamah lebihhh lagi,melayani mamah lebihhh sabar lg.

    Terima kasih Tuhan, Engkau telah mbuat sy bertekad penuh, punya motivasi yg kuat lg utk mengabdi sm mamah.

    Zhang Da, kudoakan dikau makin spt padi, makin dipuja n dikagumi byk org makin merunduk, makin diperhatikan org makin byk dikau jd Inspirasi buat byk org.

    Terus bersinar, Terus jd Cahaya dimanapun dikau berada, Dunia gak kenal dikau, tp Indonesia hari ini membaca n melihat seorg Zhang Da yg mengubah Dunia lewat KELUARGA.

    Tuhan/ALLAH memberkatimu adik maniez n berbudi LUHUR, you are an Awesome n Marvelous Kid.

    ReplyDelete
  95. Zhang da..andai aku ibumu, aku pasti tak akan pernah meninggalkanmu.
    Aku akan bangga telah melahirkanmu, aku akan menjadi ibu yang paling bahagia karena menjadi ibumu.

    ReplyDelete
  96. Subhanallah!!! ibu Zhang Da hrus.y bangga pu.y ank yg hebat....
    ktika dy brada di hdpan pra pejabat dan org trkenal yg dy inginkn hanya meminta ibu.y kembali yg jlas" tlah meninggalkan.y,

    "keep spirit for your daddy Zhang Da n no matter what never give up....
    bcoz you had already be the great n wonderful boy"

    ReplyDelete
  97. Kisah yang mengharukan. Semoga Tuhan selalu melindungi dan memberkatinya. Kasih yg tulus membuat orang kuat dan tabah menghadapi beban hidup yg berat.

    ReplyDelete
  98. kejam nya sang ibu, smoga mendapat balasan yg setimpal kelak....

    ReplyDelete
  99. 2 words that describe zhang da's mother... "mother fucker". Zhang da, ur da best!! Gbu!!

    ReplyDelete
  100. Sungguh besar baktimu,.zhang da.cinta kePada ayah ϑάπ ibu sama besarny..§ãyã sampe baca berkali2 tetap saja menitikan airmata..bgm keadaannya skg?sudah bertemu kembalikah ϑƍπ ibunya?Sέ♍øƍά̲ Ќ♏ diberikan kemudahan dalam segala bidang ƴǻ.amin

    ReplyDelete
  101. terharu banget.. :'(
    jadi berpikir, kalo ntar aku punya keluarga, aku pengen jadi pemberi semangat buat keluargaku..

    ReplyDelete
  102. Zhang Da..kamu hebat sekali ya..pasti masa depan mu cerah nak..segala survive kamu dalam hidup akan berbuah manis. percaya itu sayang. dan jangan pernah membenci ibumu ya. biar bagaimana pun ikatan darah tak akan pernah putus. kamu pasti bisa bertemu ibu kamu :)

    ReplyDelete
  103. orang yang harus kitah contohi...
    demi membahagiakan orang tua kita.....

    ReplyDelete
  104. Mantap!!! Sudah benar Zhang Da, Anda menjalankan hidup ini.

    ReplyDelete
  105. The real Pemimpin... 20-30 tahun kemudian Zhang Da menjadi Presiden Republic of China !!!

    ReplyDelete
  106. Bgt tabah ή hebat anak laki2 ίΩί, ....maafkan mm....ɑ̤̥̈̊Ƙυ̲̣̥ jάϑΐ malu ϑaπ merasa tak berguna. Hikhik...

    ReplyDelete
  107. Tuhan bersama orang-orang yang berpikir dan berusaha

    ReplyDelete
  108. hebat........  cinta kalahkan harta di dunia 

    ReplyDelete
  109. terharu banget, jadi malu sendiri, liat kisahnya Zhang Da dan membandingkannya dengan kehidupan yang telah dimiliki...

    ReplyDelete
  110. mingke manovia22 Jul 2011, 00:40:00

    kiranya kesaksian ini menjadi teladan hidup yang dapat menginspirasi banyak orang mengikuti jejaknya dalam pengabdian dan memikul tanggung jawab. salut buat Zhand Da

    ReplyDelete
  111. semoga anak Q punya hati seperti dia .,,Amien

    ReplyDelete
  112. gile.. udah jadi anak berbakti belum kita semua yang komen di sini??
    kalo belum, yok tiru perilaku bocah satu ini. kecil udah jadi "orang dewasa" yang berbudi..

    ReplyDelete
  113. insprasi hidup........macet di jalan aj da sebel benci marah pinggang sakit padahal cuma segitu ya.....apalagi Zhang Da.....cai yo....

    ReplyDelete
  114. Bkn cai yo, tapi 'cia you' tu

    ReplyDelete
  115. setujuuu bangeeetttt......

    ReplyDelete
  116. subhanalloh....
    ini inspirasi gue...
    cinta kasih sayang,,,kesabaran & k ikhlasann... berbuah kiNdahannn...
    someday beautiful...

     

    ReplyDelete
  117. adoohh.jadi malu sendiri.sampe sebesar ini masih jadi orang yang tidak berguna

    ReplyDelete
  118. terharu banget... I love Zhang Da 

    ReplyDelete
  119. SAYA SANGAT TERHARU DAN SANGAT  SANGAT SANGAT SARUT DAN TIDAK ADA KATA YANG BISA DIKATAKAN BUAT CHANG THA, HANYA TUHAN (THIEN TI) YANG BISA MEMBALASKAN SEGARA PERBUATAN BAIKNYA DAN BAKTINYA KEPADA ORANG TUANYA , NAMO AMITABA,  NAMO KUAN SEIM PHO SA, NAMO TI CANG WANG PHO SA. SEMOGA CHANG TA TERLAHIR DI ALAM DEWA DAN TERLAHIR MEMJADI ORANG BESAR DAN KAYA SERTA TAMPAN MENAWAN,SAHDU,SAHDU,SAHDU.

    ReplyDelete
  120. menangis setelah membacanya..bener2  dapat dijadikan teladanhidup

    ReplyDelete
  121. Kisah inspiratif yang wajib diceritakan dari orang tua kepada anak-anak modern saat...

    ReplyDelete
  122. really touching.....
    sangat cocok di filmkan

    ReplyDelete
  123. Subahanallah Allah maha lebih tahu apa yang sedang dilakukan oleh anak kecil itu

    ReplyDelete
  124. sanagt bagul
     

    ReplyDelete
  125. hebat bgt anak ini

    gw aj yg udah gede segini g bisa seperti dy salut bgt gw

    ReplyDelete
  126. aku salut bgt sama zhang da .masih kecil udh bisa ngerawat papanya

    ReplyDelete
  127. kasian ditinggal ibunya, padahal masih kecil

    ReplyDelete
  128. kesuksesan akan mencarimu sobat....

    ReplyDelete
  129. is absolutely impossible, but it does exist ... only those people who elected it

    ReplyDelete
  130. ibunya ga setia sama suami nya , jadi saat suaminya sakit langsung saja ditinggalkan

    ReplyDelete
  131. inspirasidunia10 Dec 2011, 19:22:00

    inilah yang namanya ketegaran hati seorang manusia yang mampu meluluhkan kebencian dan kepahitan hidup.

    Hebat..dan mungkin bisa membuat manusia yg belum bisa berpuas diri terdiam dan malu...
    menurut saya zhang da lebih hebat daripada para pemimpin negara bahkan obama sekalipun 

    ReplyDelete
  132. Hayatunnufusulfa29 Dec 2011, 21:12:00

    hu........ aku salut dengan zhang da, seorang anak yang mempunyai cinta yang besar untuk sang ayah.

    ReplyDelete
  133. org yang slalu brmanja 2  ,itu sma sja ia mmbunuh drinya sndiri prlahan lahan ................

    ReplyDelete
  134. Zhang Da..... dia guruku. dia lebih hebat dari pak doktor, profesor di kampusku. menurutku.

    ReplyDelete
  135. sangat salut,,,,,luar biasa,,,

    ReplyDelete
  136. zhang da is inspiration for all child in the world

    ReplyDelete
  137. zhang da, you are the real spirit

    ReplyDelete
  138. Retail Ops Medan15 Jun 2012, 13:58:00

    Zhang Da, kita salut dan bangga. sebuah pembelajaran, bahwa saya masih harus lebih bersyukur dengan kehidupan yang saya jalani. Kesulitan yang saya hadapi, tidak sebanding dengan penderitaan yang di alami Zhang Da.

    http://hypnosis-sehat.info

    ReplyDelete
  139. Kisah yg sangat mengharukan. kok bisa ada anak seperti itu jaman sekarang ini.

    ReplyDelete

Post a Comment