Hawking: Surga Itu Cuma Dongeng

Mayoritas umat beragama di Indonesia memercayai bahwa manusia dijanjikan kehidupan yang kekal di akhirat beserta surga jika mampu berbuat baik dalam hidupnya.

Namun, dalam wawancara dengan The Guardian, fisikawan Stephen Hawking membantah hal itu. Dia mengatakan bahwa konsep kehidupan kekal dan surga hanyalah dongeng belaka.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/09/03/2148257620X310.jpg

Hawking mengatakan, kematian terjadi ketika otak berhenti bekerja.

"Saya menganggap otak seperti komputer yang akan berhenti bekerja ketika komponennya rusak. Tidak ada kehidupan setelah mati ataupun surga bagi komputer rusak itu. Semua itu cuma dongeng bagi orang-orang yang takut akan kegelapan," urai Hawking.

Dalam wawancara itu, Hawking juga mengemukakan bahwa terjadi fluktuasi kuantum pada masa awal semesta menciptakan galaksi, bintang, dan kehidupan, termasuk manusia.

"Ilmuwan memprediksikan bahwa ada banyak semesta yang tercipta secara spontan. Adalah masalah kesempatan saja kita ada di dalamnya," kata Hawking.

Pernyataan tersebut juga mempertegas isi buku The Grand Design karyanya yang dipublikasikan pada 2010. Buku itu menyatakan bahwa penciptaan semesta dan eksistensinya tak perlu peran serta Tuhan. Gagasan Hawking yang kontroversial itu menyulut perdebatan dengan para pemuka agama.

Pertanyaannya kemudian, ketika kehidupan kekal dan surga tak ada, apa yang harus dilakukan manusia dalam hidupnya? Hawking mengemukakan bahwa hakikat kehidupan adalah menemukan makna dari tindakan yang dilakukan. "Kita harus menemukan nilai tertinggi dari tindakan kita," cetus Hawking.

Hawking sendiri menyatakan bahwa ia tak takut mati.

"Saya telah hidup dengan prediksi kematian dini selama 49 tahun. Saya tak takut mati, tetapi saya juga tak buru-buru ingin mati. Saya masih punya banyak hal yang perlu saya lakukan," papar fisikawan yang juga menulis buku best seller A Brief History of Time pada tahun 1988 ini.

Dalam kesempatan wawancara itu, Hawking menyatakan, "Semesta diatur oleh sains. Tetapi sains mengatakan kepada kita bahwa kita tak bisa menyelesaikan persamaan secara langsung. Kita harus menggunakan teori seleksi alam Darwin untuk survive. Kita akan memberi mereka nilai tertinggi."

Hawking juga mengatakan sisi sains yang paling menarik bagi dirinya. "Sains menjadi menawan ketika mampu menjelaskan secara sederhana fenomena atau hubungan setiap observasi yang berbeda. Misalnya terkait struktur DNA double helix dalam ilmu biologi dan persamaan dasar fisika," ungkap Hawking.

Hawking diketahui mengidap penyakit neuron motorik sejak usia 21 tahun. Dokter memprediksi hidupnya tak akan lama, tetapi ternyata ia hidup hingga lima dekade setelah diagnosis penyakit itu. Kesempatan hidup lebih itu membuat Hawking merasa ia memiliki nilai kehidupan yang lebih.

Sumber :
sains.kompas.com

Comments

  1. Rifanifaniasya20 May 2011, 19:37:00

    MEMANG NYA DYA TUHAN ...
    BAHKAN SAINS GK BSA NYIPTAIN MANUSIA SEUTUHNYA ..TOBAT DONK GAN..1st :D

    ReplyDelete
  2. KiraVladriovic20 May 2011, 20:01:00

    ngelogikain surga... hanya orang DONGO dan GOBLOK serta TOLOL yang menglogikakan Tuhan dan hal - hal semacamnya.. SCREW YOU HAWKING!!!

    ReplyDelete
  3. hawking gak masuk surga kapok kamu nanti masuk neraka jahanam

    ReplyDelete
  4.  GAK MUNGKIN NYOT

    I BELIEVE PARADISE

    ReplyDelete
  5. sama seperti saat dia mengemukakan teori tentang black hole. teorinya tidak terbukti benar.

    ReplyDelete
  6. mungkin hawking cuma kebetulan klo masih idup sampe sekarang ..

    ReplyDelete
  7. HAWKING hoki nya kegedean itu cuman di tes Sama Allah Swt tapi klo dia takabur langsung tuh...         The Dead Angle come to him and kill him with Silent/Screaming and he will feel the hell

    ReplyDelete
  8. Itu mah cuman teori..
    Pendapat orang...
    Mw percaya gk urusan orang...
    Yg pnting surga tuh ada :p

    ReplyDelete
  9.  FUCK you hawking.....!!

    ReplyDelete
  10. gini,kalo surga itu ga keliatan jadi ga ada gitu ?

    bagaimana dengan otaknya yang ga keliatan ? berarti dia ga ada otak dong ? 
    LOL 8D ~

    ReplyDelete
  11. terserah bro Step aja dah.. namanya juga masi idup.. belum mati.. trus ilmuwan pula.. yang mungkin ngliat sgala sesuatu yang ada di dunia ni mesti ada penjelasan ilmiah.. smua bisa dijelasin..

    gimana klo ane tanya gini..
    katanya otak sperti komputer yang bakal brenti kerja klo komponen rusak.. nah baikin komponennya napa..?!
    so.. ane maksud klo komponen otak rusak.. coba dibaikin.. kan teknologi dah pada canggih tuh.. klo bisa.. silahkan dicoba.. trus diliat.. apa tu manusia yang otaknya dah rusak trus dah dibaikin bisa idup lagi..?!

    sapa tau aja bro Stepen Hawking ada mampir kmari beri pencerahan ^_^

    ReplyDelete
  12. HAWKING LOE dari dulu emang ilmuwan pinter tapi keblinger akhirnya timbul jadi GOBLOKKK.....TUHAN kasi kesempatan loe hidup n umur panjang utk bertobat, masa MUKA LOE HAWKING udah PENCENG n amburadul masa ga nyadar2 idup aja bergantung dari mesin, smua yg ada semesta ini ga ada tjd secara kebetulan, loe HAWKING jgn mikir ttg teori alam semesta lah! coba mikir bagaimana memperbaiki tubuhmu sendiri spy balik normal, dah d kasi kutukan sama TUHAN masi gak nyadar....ckckck memang bnr2 ilmuwan pinter tapi  goblokkk

    ReplyDelete
  13. Kasihan...ntar di akhirat, setelah melihat betapa indahnya surga dan setelah mendengar betapa ngerinya suara gemuruh api neraka, beliau bakalan menyesal dan nangis2 memohon pada Allah ta'ala tuk dikembalikan ke dunia supaya bisa mengerjakan amal saleh. Tapi sorry ya, mau sampai nangis darah juga nggak akan Allah Ta'ala kabulkan karena jatah hidup di dunia itu cuma sekali aja....kemaren2 kemana aja coy??

    Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang
    yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka
    berkata): "Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka
    kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh,
    sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin".
    (Q.S. As-Sajdah, ayat 12)

    ReplyDelete
  14. udah, jangan protes.. ntar dia juga bakal tau balesannya.... 

    ReplyDelete
  15. Forgotten Sands21 May 2011, 08:00:00

    "Semoga Alloh lekas mencabut nyawanya"

    ReplyDelete
  16. aduh-aduh...si hawking teh...nyeleneh n keblinger kali ya. dia mah antek-anteknya darwin yang menyatakan semua yang ada di alam semesta ini ada dengan sendirinya (spontan). ya sama ama darwin, dia merasa dirinya di brojolin dari batu kali. makanya keras kepala. semua yang di katakan Allah SWT dalam al-Qur'an itu udah sebagian besar dibuktikan oleh para ilmuan yang jauh lebih jenius dibandingkan si hawking yang menyembah darwin. memang sih... surga dan neraka itu tercipta dari diri kita sendiri. kita berbuat bae dan taat beribadah, Allah kasi kita syurganya yg penuh kelimpahan rahmat. kalo hawking n yang percaya dengan idenya.... yah...nerakanya Allah jauh lebih luas buatmu!!!

    ReplyDelete
  17. raut wajahnya sudah menunjukkan kerak nerakan

    ReplyDelete
  18.  yg beruntung tetap yang percaya akan tuhan, surga dan neraka. yg tidak percaya pada tuhan, surga dan neraka tidak akan menjadikan hidupnya lebih baik dan sejahtera.dengan percaya kepada tuhan tidak menjadikan hidup menderita, sengsara, justru ada yg lebih sejahtera dibanding dengan yang tidak percaya dengan tuhan. Yang membedakan di akherat, yang tidak percaya tuhan pasti akan merugi, ternyata surga, neraka terbukti kebenarannya.

    ReplyDelete
  19. Saya benar-benar tidak menyangka, seorang ilmuwa secerdas dan sebrilian hwking memiliki pemikiran yg sangat bodoh sperti itu!
    Bahkan einstein pun percaya dengan keberadaan Tuhan!
    berikut link'y :
    http://www.apakabardunia.com/2011/02/kebodohan-profesor-yang-menganggap.html

    ReplyDelete
  20. ntar klo dh mati,,
    jgn lpa tlis bku lg y gan,,,
    wkwkwkw!

    ReplyDelete
  21.  itulah klo jadinya orang tertalu cerdas..terlalu pinter...pikiranya jd gk karuan...klo orang terlalu pinter lama dia terbodohi oleh kepintaranya sendiri....n lupa pada penciptaNya..maka lebih baik kita menjadi orang yang sederhana saja...yang penting hidup di dunia bisa makan minum beribadah.....gk perlu mikir2 yang aneh2 ampe melupakan Tuhan,walupun ilmu agama kita blm terlalu kuat.....tp asal kita tw yang mana baik n buruk kita pasti ada di jalanNya.....

    ReplyDelete
  22. yah, begitulah kalo seseorang yang (mungkin) IQ-nya tinggi, tapi ga dibarengin sama EQ dan SQ, ya jadi sesat. Na'udzubillah min dzaliik. Semoga kita termasuk golongan orang yang beruntung yang ga akan percaya sama kesesatan pikiran Hawking yang udah disesatin sama setan. Amin.

    ReplyDelete
  23. tu orang pasti g ada AGAMA!.....
    g punya TUHAN!....
    seluruh agama mempercayai adanya SURGA!....
    tidak seluruhnya yang ada di alam semesta ini dapat dijelskan dengan ilmia!.....

    ReplyDelete
  24. Hawking mengatakan, kematian terjadi ketika otak berhenti bekerja.
    KURANG BENER itu,,yg paling bener adalah KEMATIAN TERJADI PADA SAAT ROH/JIWA TERPISAH DARI RAGA/JASMANI TIAP-TIAP YANG BERJIWA..jd bukan otak sj yg berhenti, jantung jg, gak da nafas,baca donk harunyahya.com,,,uuuggghh dasar atheis... !!

    ReplyDelete
  25. Hawking mengatakan, kematian terjadi ketika otak berhenti bekerja.
    KURANG BENER itu,,yg paling bener adalah KEMATIAN TERJADI PADA SAAT ROH/JIWA TERPISAH DARI RAGA/JASMANI TIAP-TIAP YANG BERJIWA..jd bukan otak sj yg berhenti, jantung jg, gak da nafas,baca donk harunyahya.com,,,uuuggghh dasar atheis... !!

    ReplyDelete
  26. beginilah kalau intelektual sudah membutakan mata hati dan keimanan seseorang,

    ReplyDelete
  27. ckckck, orang indo gampang kepancing ya emosi nya,terlebih pembahasan agama....
    SURGA ITU NYATA! 

    ReplyDelete
  28. PENISTA AGAMA....
    ATHEIS KAU HAWKING....tp NDAK USAH MENODAI AGAMA LAEN.!!

    SURGA ADA UNTUK ORANG-ORANG YG PERCAYA...
    ... .... BUKAN ORANG-ORANG SPRTIMU "HAWKING"

    ReplyDelete
  29. Heii..Kmu Jangan ska tergoda omongan setan...
    Insyaflah wahai manusia...
    dan kalo ngak percaya ndak usa ajak-ajak orang tuh...

    ReplyDelete
  30.  Pendapatnya bisa menjerumuskan orang lain... bahaya tuch..!!!

    ReplyDelete
  31. ocle baget gan.....

    ReplyDelete
  32. kasiiaannn..
    di prtuhan kan ma otak nyaaa,,
    ckkckckck

    ReplyDelete
  33. Rizkywahyu_saputra21 May 2011, 13:26:00

    Segala yang ada merupakan tanda kebesaran Allah SWT, termasuk pak Hawkins, kita sebagai umat beragama harus mengambil hikmah dr semua ini,,

    ReplyDelete
  34. incoming message21 May 2011, 13:53:00

     anjing banget orang yang posting ini,....,

    so tw amat..., mw dapet laknat allah SWT kli ya....,
    FUCK buat yang posting 

    ReplyDelete
  35. aku setuju ma mbah hawking,
    cz emang susah iman sama hal yang ga bisa di liat........

    kayak membeli kucing dalam karung....

    ReplyDelete
  36. Dia bisa jelasin ga..Pake sains.??
    Gimana caranya menciptakan manusia dari setitik mani..?
    Tolol banget sihh tuh orang..?
    Punya nyawa serep kali, kaya mario bros.
    wkwkwkwkkkw

    ReplyDelete
  37. LALU... Siapa yang menciptakan sistem dalam kehidupan manusia dan jagat raya... hingga manusia yang sombong mempelajari nya dan menyebutnya SAINS?!

    ReplyDelete
  38. alice beautyful21 May 2011, 17:00:00

    dasar orang  leher bengkok

    ReplyDelete
  39. Rifanifaniasya21 May 2011, 17:18:00

    NGAKAK KWKOWKOWKKWOKW

    ReplyDelete
  40. dasr wong gendeng...pinter tapi kebelinger......ntar pas mati di tanya di dalam kubur dia baru tahu...apa itu arti kehidupan sete lah kematian yg sebenarnya

    ReplyDelete
  41. Ilmu pengetahuan tak akan mampu menjangkau betapa Tingginya Ilmu Yang Maha Esa........ dia hanya orang yang putus asa karena ia tidak bisa merasakan kehidupan secara normal......

    ReplyDelete
  42. pikiran kita ni kayak antene radio...bila ditarik ada batasnya...low dah sampe batas pun masih ditarik, yahh copot jadinya...tu si HAWKING contohnya yg udah copot antenenya...jadi dy udah ga konek lagi ma Yang Maha Esa...

    ReplyDelete
  43.  keyakinan memang berbeda. tapi itulah hidup digunakan untuk berpikir dan menilai sebagia penghargaan tertinggi. Bagi saya, saya hanyalah materi dan ingat junk-DNA jg dikatakan sampah oleh ilmuwan Barat sehingga penemuan baru oleh salah satu ilmuwan muslim ternyata junk-DNA itu adalah kutipan surat Al-alaq.

    ReplyDelete
  44. blum ajal nya tepatnya, ahaha

    ReplyDelete
  45.  Dasar ilmuwan ATHEIS...

    hahahah....

    ReplyDelete
  46. Doyox Anom Pamungkas22 May 2011, 00:18:00

    wkwkwkwkwkwkw...
    koplak amat tuh fisikawan???? udh kbblsn tuh otk'a..auaadah ejleg!
    klo ga ada surga? dy bsa jlsn kgg gmn otk trbntuk? gmn tulang di dapetin????
    aaahahahaha...cacad tuh orang!

    ReplyDelete
  47. ga ngerasa dia padahal udah kena NERAKA DUNIA dengan di bikin CACAT kaya orang IDIOT gitu... masih aja nganggep SURGA dan NERAKA itu dongeng.. ck ck ck... 

    ReplyDelete
  48. BEST TO HAWKING... LOGIKA LO 100 % BENER.... SETUJU... GW KASIH HADIAH YANG PASTINYA BWT LO SANGAT BERGUNA.... SATU SET PETI MAYAT PLUS TIKET MASUK SURGA... 

    ReplyDelete
  49. BEST TO HAWKING... LOGIKA LO 100 % BENER.... SETUJU... GW KASIH HADIAH YANG PASTINYA BWT LO SANGAT BERGUNA.... SATU SET PETI MAYAT PLUS TIKET MASUK SURGA... 

    ReplyDelete
  50. Ilmu Tanpa Agama = NGAWUR
    Agama tanpa Ilmu = NGLANTUR

    banyak sekali hadist maupun surah dalam Al-Quran yang menenrangkan soal Surga,

    "....Dan diserukan kepada mereka: 'ltulah surga yang diwariskan
    kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan.'"(QS. Al-Aaraf:43)

    " Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan,
    (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal
    mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga
    'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan
    yang besar"(QS.At-Taubah:72)


    Masih banyak lagi ayat-ayat didalam Al-Qur'an yang menerangkan tentang
    Surga ini. Diantaranya Al-Baqarah 25, Al-Furqan 10, Al-Hajj 14, Alhajj
    23, Al-Aaraf 46, At-Taubah 100, Ath Thalaaq 11, Al-Kahfi 31, Ath Thuur
    17, Ath Thuur 23, Al Fath 5, Al Fath 17, Al Ahqaaf 14, Al Jaatsiyah 30,
    Az Zukhruf 73, dan ada banyak lagi..

    ReplyDelete
  51.  emang lu lebih pinter dari dia bilang dongo goblok dan tolol

    ReplyDelete
  52. GILA NICH ORANG...
    MENDINGAN GW AJ YG JD ILMUAN,..
    LAGIAN PINTARAN GW DRI DYA...
    TUL GX..?????
    YAA...S'MOGA ALLAH MENYADAR KAN'Y...

    ReplyDelete
  53.  bodoh karena kepintarannya.... mukanya aja menyon apa lagi otaknya,, semplakkkkkkk

    ReplyDelete
  54.  hahahaha lehernya aja bengkok apa lagi otaknya,, semplakkkkkkk

    ReplyDelete
  55.  Salam buat hawking..
    ntar kalau udh di neraka suruh dia kirim surat ke aku gimana beratnya disiksa

    ReplyDelete
  56.  perasaan ane kenal ma kata2 itu deh.... kalo gak salah albert einsten deh,,,,,

    ReplyDelete
  57. hahahahahaha jangan pake surat gan kelamaan,, suruh sms ja biar express

    ReplyDelete
  58. tuk apa kta punya agama klo akhirnya gak da apa"nya/ yang spesial dari yg pernah kta lakukan 

    ReplyDelete
  59. biasa orang yg berilmu tanpa iman hanya pintar di dunia dan akan sangat bodoh di akhirat,namanya juga ATHEISM.Mulutmu harimau mu,kata kata mu akan di pertanggung jawabkan di Akhiratserta mulutmu akan akan dikunci dan menyesalah ketika melihat orang orang berbondong bndong ke surga sementara loe di neraka.AMINN

    ReplyDelete
  60.  Kadaluarsa tiketnya juga.Lagian dia gak percaya surga paling nanti mati jadi jenglot,ruh nya di kekang.

    ReplyDelete
  61. udah kelamaan duduk d kursi roda jg posisi duduknya aja miring,jadi kesimpulan ilmiahnya ada ketidak singkronan pada syaraf motorik k otaknya,alias sudah SIN - THINK

    ReplyDelete
  62.  hwahahahahahahaaaa....

    ReplyDelete
  63. ASBUN tu orang...hahahaha

    ReplyDelete
  64. janganlah saling menjelekan sesama.........
    mungkin dia lebih baik dari mereka yang hanya berkomentar tidak karuan......
    emang kenapa kalau tidak ada surga????

    itu adalah salah satu bukti bahwa ia sedang mencari sebuah kebenaran yang belum sampai....
    omong ksong jika kamu yang berkomentar lebih baik....
    satu kata yang indah yang dapat saya petik ""Kita harus menemukan nilai tertinggi dari tindakan kita"
    itu hanyalah pencarianya , aakah kamu lebi baik darinya??/?
     

    ReplyDelete
  65.  dongeng untuk HAWKING_
    karena duniamu cma ada neraka

    ReplyDelete
  66. Logika dan Khayalan itu sangat tipis, sama juga mimpi dan kenyataan............
    apa yang dikatakan hawking adalah realitas kemungkinan 50%: 50%
    pemikiran dia adalah sama dengan pemikiran byk orang...

    Saya salut dengamu Hawking berani menerima kenyataan untuk hidup dalam kegelapan
    tanpa harapan

    ReplyDelete
  67. ya jelas dia ga percaya sama SURGA!! WONG DIA BAKALAN MASUK NERAKA!! GIMANA BISA PERCAYA SAMA SURGA....didunia udah menderita nanti dineraka kaya apa ya

    Na'adzubillahmindzalik

    ReplyDelete
  68. DASAR MANUSIA LAKNAT!!
    Gk percaya sama tuhan...!!!

    Eh hawking, gk ush sok pinter deh lo jd org.
    lo d ksih ilmu lebih itu dr sp n drmn dapet nya??
    y dr tuhan lahhhhhhhhh...

    sains itu tercipta karna ada nya tuhan!!!
    lo jg gk bisa kn nyiptain bumi n segala isi nya??

    DAN LO JG HRUS INGET!!!
    Gk ada tuhan selain ALLAH SWT !!!

    ReplyDelete
  69.  Upz, komen yang buruk

    ReplyDelete
  70.  ya ALLAH segera;ah cabut lah nyawa hawking, dia sudah tercemar oleh sifat DJJAL.....

    ReplyDelete
  71.  ah, biasa aja. percaya Tuhan atau nggak bukan urusan gwe

    ReplyDelete
  72.  sadarkan dia alloh

    ReplyDelete
  73. Janganlah kita seperti sekelompok org buta yg memperdebatkan bentuk gajah seperti apa? Buta 1: gajah seperti kipas karna yg dia raba cuma telinganya, buta 2: gajah seperti tali panjang karna yg diraba cuma belalainya, buta 3: gajah seperti tembok besar karna yg di raba cuma perutnya aja. Terus ketiga org buta itu bertengkar karna masing2 mempertahankan pendapatnya. Padahal ketiga org buta itu tidak meraba gajah secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  74. Muhammad IQBAL23 May 2011, 10:51:00

    Buat para Atheis : JANGAN GANGGU KAMI,..PERGI JAUH2 DARI BUMI INDONESIA

    Buat Hawkings : 1.Coba jelaskan, mengapa anda bisa hidup terus sedang SAINS bilang TIDAK?, 2.Mengapa ISLAM berkembang dan menjadi PILIHAN justru ketika Citranya sedang BURUK2NYA? 3.Mengapa Para wanita dan anak2 bayi dan hewan2 bisa begitu INDAH dipandang seindah GALAKSI dan semesta ALAM? 4.Mengapa SEMUAA yg anda lihat terdiri dari 1 hal yg sama : ELEKTRON??? 5. Mengapa ada GOLDEN RATIO??? 6.Mengapa ada ORBS sebagai perwujudan mahluk halus? 6. Menurut anda (HAWKINGS), apakah Tuhan ada?

    Saya juga orang berLOGIKA,..berEDUKASI dan percaya kehebatan SAINS,..tetapi ternyata banyak hal berkerja di dunia "tak terlihat" bahkan sinyal hp anda sendiri seperti itu, dan seperti kata ilmuan terhebat abad 21 ; EINSTEIN (sorry ATHEIS) : TUHAN ITU ADA TITIK 

    ReplyDelete
  75.  inilah science....otak kita aja yang belum nyampe kesitu...masih berkutat antara surga dan neraka...ini karena kurangnya ilmu pengetahuan yang diajarkan sejak dini....kalo lebih mendalami science minimal kenal aja...mungkin gak akan senegatif ini penerimaannya

    ReplyDelete
  76. TERSERAHNYA LAH SITU..AWAS KALAU DI NANTI MINTA IKUT KE SURGA YA....}:(. USIR DIA

    ReplyDelete
  77. sebenernya memang semua itu bisa di logika kan dan dibuktikan secara ilmiah,
    namun ilmiah itu sendiri kan juga ada yang empiris dan rasional.
    nah surga itu harus di logika kan secara rasional bukan empiris.
    kalau hawking hanya menilai itu secara empiris berarti itu salah besar !

    ReplyDelete
  78. Wakakakakaka! sekarang gw tw kenapa si hawking ccd...... Karena si hawking g percaya akan TUHAN makanya TUHAN juga g mao percaya kepadanya dengan TIDAK memberinya ke normallan tubuh. liat aj mukanya kek tolol banget pengen gw gampar! wakkakakakkaka!

    ReplyDelete
  79. biarin lah... supaya dia menyesal di akhirat... 

    ReplyDelete
  80. dalam beberapa hal kita masih lebih pintar dari si "calon penghuni neraka" itu...terutama dlm soal AGAMA

    ReplyDelete
  81. malaikat Izrail ga bakal bunuh dia secara silent, tapi secara sekasar2nya, kekekeke

    ReplyDelete
  82. malaikat Izrail ga bakal bunuh dia secara silent, tapi secara sekasar2nya, kekekeke

    ReplyDelete
  83. menurut gue org yg terlalu pinter pun ga bakal kayak gitu asalkan mental agamanya KUAT

    ReplyDelete
  84. paling ga iman dan islam bisa menyelamatkan kita di akhirat kelak

    ReplyDelete
  85. dia mencari kebenaran --> kebanarannya ga ketemu --> bikin teori sesat --> menyesatkan org = salah satu mahluk yg terjelek ahlaknya

    ReplyDelete
  86. dia mencari kebenaran --> kebanarannya ga ketemu --> bikin teori sesat --> menyesatkan org = salah satu mahluk yg terjelek ahlaknya

    ReplyDelete
  87. stephen hawking = org ga pernah ngeraba gajah terus bilang gajah sebenarnya adalah dongeng

    ReplyDelete
  88. setuju banget stephen hawkings.. memang kamu ilmuwan masa depan..

    ReplyDelete
  89. tidak ada yang tau pasti...surga itu ada atau tidak. hanya kepercayaan yang membuktikannya ada. sudahkah ada yang pernah kesurga dan kembali kedunia?..hawking hanya terlalu percaya diri, karena tidak mati2...orang2 seperti itu memang biasanya susah matinya,, biar dosanya bertimbun.

    ReplyDelete
  90. Kita sebagai umat beragama juga tidak boleh mengklaim bahwa dia akan masuk neraka. Tuhan mempunyai rencana sendiri untuk kita manusia. Bisa saja pintu hatinya kan terbuka suatu saat nanti, kita tidak tahu apa-apa. Hanya Tuhan yang tahu, biarkanlah dia berpendapat. Jangan sampai pendapatnya membuat iman kita goyah :)

    ReplyDelete
  91. SURGA ITU URUSAN ALLAH SWT DAN ANDA TIDAK BERHAK PROFFESOR DOKTOR HAWKINS YANG SAYA HORMATI..!!!

    ReplyDelete
  92. surga itu memang tidak ada.... surga kan cuma mitos...

    ReplyDelete
  93. ga sabar lyt hawking terbelalak dan tertunduk malu besok di akhirat...:D

    ReplyDelete
  94. Kalo nggak beriman ya tentu masuk neraka lah, kaya orang-orang kafir. Tdk ada pengecualian. Walaupun orang tsb beramal segede dunia tapi kafir thd Allah ya tetep masuk neraka dapat Kita analogikan dengan seseorang yang menang lomba lari eh ternyata belum ndaftar, ya nggak dikasih menang sasma panitia.

    ReplyDelete
  95. Tapi kalau taubat dan beriman kembali, insyaallah Allah akan mengampuninya.

    ReplyDelete
  96. or indo religius semua ya...:)

    ReplyDelete
  97. gamapng sih.... suruh aja dia ciptain satu ayat yg mirip dgn AlQuran...yang nyiptain AlQuran kan nantangnya gitu...., atau suruh dia ngegerakin jantung sekali saja secara dia dalam keadaan sadar secara pikiran, emang bisa, ah.... menjelimet suruh itung aja jamlah rambutnya di seluruh tubuhnya berapa?

    ReplyDelete
  98. Sesuatu yang tidak terlihat, belum tentu tidak ada,...

    ReplyDelete
  99. pernyataan Hawkins membuktikan bahwa dirinya bodoh....!

    ReplyDelete
  100. Sang pencipta masih menyayanginya, untuk sadar akan tindakanya

    ReplyDelete
  101. emg lu tuhan... jgn so"an pinter dah lu... mending lu bisa nyiptain manusia / makhluk... jangan sota.

    ReplyDelete
  102. hawking itu cuma dongeng, orang cacat fisik & mental koq dipercaya bacotnya...

    ReplyDelete
  103. biasa ini mah. Kebanyakan orang bersikap empirik, tidak percaya apa yang tidak ia lihat dan rasakan sendiri. makanya cenderung sombong, merasa sudah tau semuanya, tanpa mengetahui apa yang ia tau hanya sebatas sebesar ruang otaknya.
    Pada kenyataannya otak terlalu sempit dibandingkan jagad raya yang dia tidak tau.
    tampar dikit. jiah.

    ReplyDelete
  104. hawking gak percaya sama surga tu karna dia lebih optimis u/ masuk neraka.....

    ReplyDelete
  105. hawking tawwa...
    bebas tes mi msk neraka...

    hahay...........

    ReplyDelete
  106. saintis tuch selalu gila...
    mang dia agamnya pa sich?
    kristen?
    kristen juga menjanjikan surga kok buat umatnya...
    one word "GELO"

    ReplyDelete
  107. udah cacat ga nakuin tuhan lagi bener bener orang goblog hawkin hanya orang tolol yabg ga ngakuin keberadaan tuhan

    ReplyDelete
  108. bener bukan surga yang dongeng tapi hawking nya yang dongeng orang cacat biasanya alim dan soleh tapi hawking sombong manusia macam apa itu binatang kali bahkan binatang percaya ada tuhan dia akan tahu balasanya

    ReplyDelete
  109. ada muhamad SAW sudah pernah ke surga dan balik ke dunia dalam peristiwa isra mi'raj

    ReplyDelete
  110. urusan loe soalnya sesama manusia itu bersaudara dan harus saling mengingatkan,jangan jangan loe juga ga percaya tuhan?????

    ReplyDelete
  111. bahkan dajal tahu bahwa ALLAH itu ada

    ReplyDelete
  112. katanya ketika otak berhenti bekerja orang bakal mati,otak si dongo hawking juga udah berhenti bekerja tau ga

    makluk breng####k

    ReplyDelete
  113. gimana mau nagis dia udah cacat

    ReplyDelete
  114. SURGA : hawking itu cuma dongeng

    ReplyDelete
  115. Hasanbukansuperman31 May 2011, 13:12:00

    kayak tuhan aja loe, emang elo pernah liat kagak? kalau mau menyatakan, pake otak dulu dong.

    ReplyDelete
  116. Yah, biarlah orang berkata apa... Yg penting kita menyelamatkan diri kita dan hati kita. Mau gimana lagi, kalo dia udah berpendapat gitu, kita ga punya hak buat nutup mulut dia.
    Jalani hidup kita masing2 aja.

    ReplyDelete
  117. orang kaya hawkin itu sombong ,sombong itu sifat setan ,karna gelarnya sebagai orang jenius adalah kebanggaanya ia membuat pernyatan seperti itu agar di anggap orang jenius itu berbeda dengan yang lain.padahal bisa jadi dia sendiri hanya mahluk yang sedang kebingungan . dia menyatakan itu tapi dari dirinya sendiri ia sadar banyak hal yang tak mampu ia pikirkan ,alloh menciptakan sesuatu menurut ukuran yang sempurna ,begitu juga otak kita ,sejauh inilah yang bisa di mengeti dan sebanyak inilah yang di perlukan dan saya yakin itulah kenapa alloh menurunkan wahyunya karena akal tanpa petnjuk dari alloh tidak akan menemukan kebenaran

    ReplyDelete
  118. surga... wajib dipercaya ada....
    hawking... wajib utk ga dipercaya...

    ReplyDelete
  119. surga... wajib dipercaya ada....
    hawking... wajib utk ga dipercaya...

    ReplyDelete
  120. surga... wajib dipercaya ada....
    hawking... wajib utk ga dipercaya...

    ReplyDelete
  121. coba dipikir2 secara realistis, pernyataan hawking real apa surga real Heheh...
    kalian akan dapat jawabannya sendiri

    ReplyDelete
  122. Jadi tak perlu, marah2 dengan pernyataan orang... jawabannya kita sendiri taw kok Hahaha

    ReplyDelete
  123. ini cuma komentar apatis dari orang yang tidak pernah merasakan nikmatnya surga selama hidupnya... orang yang tidak pandai bersukur...

    ReplyDelete
  124. "....niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat...." (Al-Mujaadilah 11)

    Urutan dari ayat itu: Allah menyebutkan beriman dulu daripada orang yang diberi ilmu, karena iman adalah dasarnya. Untuk apa ilmu bila tanpa iman.. Untuk apa jadi ilmuwan pintar bila tak beriman..

    Ini contoh orang yang terlalu mengagungkan akal -> jadinya atheis!

    ReplyDelete
  125. Agama & Sains tu harusnya saling membantu, bukan malah begini....

    ReplyDelete
  126. brarti org itu o2n dong............
    ck..ck..
    coba fikir:

    siapa yg ngsih dis pintar? siapa yg ngsih dya hidup? siapa yg bikin dya jdi org penting?

    psti yg ngsih tu tuhan yme (allah swt)....

    ReplyDelete
  127. brarti org itu o2n dong............
    ck..ck..
    coba fikir:

    siapa yg ngsih dis pintar? siapa yg ngsih dya hidup? siapa yg bikin dya jdi org penting?

    psti yg ngsih tu tuhan yme (allah swt)....  ya kn

    ReplyDelete
  128. hawkings coba berpikir
    dari mana kau bisa hidup?
    bagaimana jantung mu bisa berdegup dan menghidupkan mu
    siapa yang memberi mu otak untuk berpikir
    siapa yang menciptakan udara untuk kau hirup
    jangan lakhnati segala sesuatu yang jelas-jelas kau lihat dan kau rasakan
    dan semua nya berasal dari YANG MAHA ESA!!!!

    ReplyDelete
  129. Seandadinya saya bertemu dengan hawking, saya ingin beradu argumen...

    Benarkah jika ternyata kematian didefinisikan bahwa kerja otak telah berhenti, namun kenyataannya masih ada mahluk yang sederhana tanpa memiliki otak bisa tetap hidup seperti binatang yang sangat sederhana seperti plankton. Jadi bagi saya hawking yang mengaku orang berilmu itu hanya mempermalukan diri sendiri atas semua pendapatnya.

    Apakah dia bisa menjelaskan awal mula terciptanya mahluk hidup? Pasti profesor manapun tak ada yang tau, karena akal manusia itu terbatas seberapapun pintarnya. Tapi......

    kita harus meyakini proses penciptaan itu ada.

    Jika proses itu ada maka sang Pencipta(Tuhan) pasti ada, lengkap dengan aturan dan ajaran ketuhanan.

    Dengan demikian diciptakan pula surga dan neraka untuk menempatkan setiap mahluk Alloh.

    Sehingga manusia akan mendapat ganjaranya setelah mati, ini juga hanya sang pencipta lah yang lebih tau.

    Kesimpulannya:
    Jika hawking berpendapat orang mati tak mungkin hidup lagi, itu salah.

    Buktinya:
    Tuhan dengan mudah menciptakan kita dalam keadaan hidup, tak susah untuk menghidupkannya lagi.


    Sudah jelas? Lebih masuk akal kan?

    ReplyDelete
  130. HEH ! JADI ORANG GASAH GITU ! KALO KAMU NGOMONG GITU, TUHAN MEMANG MASIH MEMBERIKAN KESEMPATAN TUK BERTOBAT SAMPAI AKHIR IDUPMU. KALO GA MAU YA SUDAH KAMU DIJAMIN MASUK NERAKA

    ReplyDelete
  131. biarin idup 1000 taun lagi, biar dosanya numpuk dan di neraka di dhedheli sama setan...

    ReplyDelete
  132. jangan janagn hawking adalah.... D*****L....?? sok tau sih.. gak percaya Allah.. grggrggrgh

    ReplyDelete
  133. Jhonysaputra712 Jul 2011, 11:06:00

    Crzyyyyyyyyy
    Hawking bonyok,penyot
    aman u pntar smbuh kedlu pnyakit UUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU  TU

    ReplyDelete
  134. OrangJauhLebihHebat22 Jul 2011, 19:27:00

    kalo otak dia dah berhenti bekerja...berarti dia dah mati donk...tapi dia masih idup tuh mpe sekarang...nah lhoo

    ReplyDelete
  135. Hahahahaha eh hawking udh sana ktanya manusia mati klo komponennya yg rusak,cepet idupin yg mati hahahahaha ntar malah elu yg mati hahaha

    ReplyDelete
  136. kutipan yang gua dapet "dia ga takut mati" so, dia tidak menjelaskan setelah keadaan mati, apa dia bisa memprediksikan kapan hancurnya planet-planet di dunia? HAHAHAHAHAHA keajaiban seperti terbentuknya hewan itu dari siapa ? tumbuhan awalnya dari siapa? siapa yang menumbuhkan tanaman ?

    ReplyDelete
  137. Mungkin karena penyakit nya ...jadi di berfikir seperti itu

    ReplyDelete
  138. ckckck..hawking,hawking, kalau manusia d'samakan sm komputer,,kalau komputer rusak mk pabrik komputer pst bs utk memperbaikinya kembali..
    halaahhh..sempit amat sih pola pikir otakmu hawkiiinngg..
    komputer rusak mk pabrik komputer pst bs utk memperbaikinya kembali..
    halaahhh..sempit amat sih pola pikir otakmu hawkiiinngg..

    ReplyDelete

Post a Comment